• Explore the Panorama of Indonesia

    Komodo, Hewan Purba Hidup Di Zaman Modern



    Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam  flora dan fauna, salah satunya adalah spesies kadal terbesar di dunia yaitu Komodo.Ya, Pulau Komodo? Bukan berarti sebuah pulau yang berbentuk seperti Komodo. Akan tetapi di pulau tersebut memang hidup reptil raksasa bernama Komodo yang di kenal dengan bahasa ilmiah Varanus Komodoensis. 
    Pada tahun 1980 pemerintah Indonesia membentuk Taman Nasional Komodo yang meliputi Pulau Komodo, Rinca, Gili Motong, dan Nusa Kode di Kabupaten Labuan Bajo dengan tujuan untuk melindungi kelestarian komodo dan keanekaragaman hayati baik laut dan darat yang masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Komodo. 
    Pulau Komodo, Rinca, Gili Motong, dan Nusa Kode di Kabupaten Labuan Bajo adalah habitat asli Komodo. Komodo  juga dianggap sebagai binatang purba golongan ‘dinosaurus terakhir’ di muka bumi. Begitu pentingnya komodo bagi dunia internasional sehingga UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) menetapkan Taman Nasional Komodo sebagai World Heritage Site (Situs Warisan Dunia) tahun 1991.
    Diantara keempat pulau itu, yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Komodo dan Rinca, karena dua pulau tersebut memiliki populasi komodo terbanyak. Tak hanya wisatawan, tetapi banyak juga yang datang untuk meneliti keunikan Komodo. 
    Komodo memang menarik, terutama karena penampilannya yang sangat purba. Berbentuk kadal raksasa, tubuhnya bisa mencapai tiga meter. Kulit bersisik mirip naga, punya empat cakar besar, dan berburu secara unik dengan mengandalkan 60-an bakteri dalam air liurnya. Berbagai penelitian dan publikasi telah mengungkapkan, betapa unik komodo, terutama bagaimana binatang purba ini bisa bertahan hidup sejak puluhan juta tahun silam sampai sekarang.

    Komodo, Wakil Indonesia di New7Wonders of Nature
    Pulau Komodo merupakan  wakil Indonesia dalam ajang New7Wonders of Nature. Seperti dikutip dari laman New7Wonders, Dari 77 peserta akhirnya Pulau Komodo masuk dalam kelompok 14 besar antara lain Pulau Komodo, Sungai Amazon, Laut Mati, Grand Canyon, Halong Bay, Jeita Grotto, Puerto Princesa, Angel Fallas, Galapagos, Great Barrier Reef, Iguazu Falls, Jeju Island, Maldives (Maladewa), dan Vesuvius. Setelah melewati beberapa fase akhirnya pulau Komodo ditetapkan sebagai salah satu dari The New Seven Wonders of Nature pada bulan Mei.

    Selain Reptil Komodo anda juga bisa menikmati keindahan alam serta ekosistem yang lain, di antaranya adalah:
    1. Ekosistem laut yang begitu indah. Disini setidaknya terdapat 385 spesies karang indah, hutan bakau (mangrove), dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, enam macam paus, penyu hijau, berbagai jenis hiu, dan ikan pari.
    2. Hamparan Sabana, bukit-bukit yang sangat alami, hamparan pohon lontar dan hutan hujan juga menyajikan pemandangan yang tidak akan terlupakan.
    3. Di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, terdapat seratus lebih jenis burung menjanjikan atraksi menarik bagi para wisatawan. Apalagi, beberapa jenis burung tersebut merupakan jenis yang sangat langka seperti Philemon buceroides (koak-kaok), Cacatua sulphurea (kakatua jambul kuning), dan burung gosong yang memiliki keunikan membangun sarangnya di tanah dengan menumpuk rating-ranting kering menjadi gundukan tinggi.
    4. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut di pantai ini. Di kedalaman hingga 30 meter penyelaman Pantai Merah menawarkan pemandangan yang semakin menakjubkan. Berbagai jenis ikan, seperti ikan scorpion yang dikenal memiliki sengat beracun dan juga siput tak bercangkang.

        Cara mencapai Pulau Komodo
    Untuk berwisata ke Taman Nasional Komodo, atau Pulau Komodo khususnya, terlebih dahulu mengunjungi Labuan Bajo, Flores. Cara paling mudah dan cepat untuk mencapai Labuan Bajo adalah menggunakan moda transportasi udara. Setidaknya hingga saat ini ada tiga maskapai penerbangan yang melayani rute Denpasar ke Labuan Bajo setiap hari, yaitu Merpati Nusantara Airlines, Indonesia Air Transport, dan Pelita Air/TransNusa.
    1. Dari Labuan Bajo kemudian menyeberang ke pulau-pulau yang termasuk kawasan Taman Nasional Komodo dengan menggunakan perahu. Tarif boat kecil berkapasitas 8 orang ke Pulau Rinca misalnya paling murah Rp600.000, sedangkan ke Pulau Komodo tarifnya Rp800.000. Turis backpacker dengan alokasi dana terbatas dapat mencoba menumpang kapal penduduk setempat yang bermuatan 20-30 orang menuju Desa Komodo. Tersedia juga kapal yang lebih besar dilengkapi toilet dan dapur, berkapasitas 10 orang dengan tarif sekitar Rp1.000.000 satu hari penuh pulang pergi ke Pulau Rinca. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa menyewa speedboat berkapasitas 8 orang dengan kisaran tarif Rp3.000.000–Rp5.000.000 untuk mencapai Pulau Rinca dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
    2. Setelah sampai  di dermaga – Loh Liang pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp97.000. Harga tiket ini mencakup biaya sumbangan untuk konservasi sebesar Rp75.000 dan karcis masuk sebesar Rp22.000.
    4.       
    Tips Aman Berwisata di Pulau Komodo
    Berikut ini adalah tips saat berwisata di Pulau Komodo:
    • Gunakan baju berwarna lembut agar tidak menarik perhatian komodo.
    • Jangan membawa barang dengan cara dijinjing karena dapat menarik perhatian komodo.
    • Jangan berisik atau gaduh.
    • Perempuan yang sedang menstruasi sebaiknya jangan masuk ke area komodo yang berkeliaran bebas 
       karena penciuman mereka sangat tajam.
    • Bawa air minum yang cukup karena cuaca panas terik dapat mengakibatkan dehidrasi.
    • Jangan jauh-jauh dari ranger atau petugas jagawana karena hanya tongkat sakti mereka yang dapat menghindarkan Anda dari serangan komodo.

    BIRO PERJALANAN DI PULAU FLORES
    AB Travel Agencies
    Jl. Reinha Rosari
    +62-383-21073

    PT Hakiki Travel
    Jl. W . J . L alamentik N o. 2A  Kel. Oebobo – Kupang
    +62-380-838444
    Floresa Wisata
    Jl. Ahmad Yani
    +62-382-22281
    Oceania W orld T ravel
    Jl. Bunga Jati No. 88
    Oesapa – Kupang
    Telp: +62-380-8555515,
    Telp: +62-85239015599
    Faks: +62-380-8555515
    oceaniaworldtravelkupang@
    yahoo.com
    Duta Nusantara Travel
    Jl. Jenderal Soeharto
    Oepura – Kupang
    +62-380-821240

    PT Hunan Holiday
    Jl. Karya Kencan No. 11
    Kel. Kelapa Lima
    Telp: +62-380-833696
    Faks: +62-380-826448
    rolieswhojonk@gmail.com

    Tempat Penukaran VALAS
    Kabupaten Ngada
    Bank BNI
    Jl. Piere Tendean
    Telp: +62-384-21567
    www.bni.co.id

    Kabupaten Flores
    Timur
    Bank BNI
    Jl. Niaga No. 23
    Telp: +62-383-21580
    www.bni.co.id
    Bank Danamon
    Jl. Soekarno
    Telp: +62-381-22408
    www.danamon.co.id

    Bank BRI
    Jl. Soekarno Hatta No. 1
    Telp: +62-384-21024
    www.bri.co.id
    BPD NTT
    Jl. Gadjah Mada
    +62-384-21717
    www.bpdntt.co.id
    Kabupaten Ende
    Bank BNI
    Jl. Gatot Subroto
    Telp: +62-381-21955


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Meet The Author

    About Me